Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Hari Besar : Qurbankan Ego, Momentum Berbagi

Hari Besar : Qurbankan Ego, Momentum Berbagi

31 Desember 2009 | Kegiatan Statistik Lainnya


Kala itu, Ibrahim a.s. memang telah sekian lama menunggu kelahiran anaknya, Ismail a.s. Tapi kemudian perintah itu datang, ketika Ismail sudah mulai beranjak dewasa Allah SWT justru memerintahkan Ibrahim untuk menyembelihnya. Keimanan dan ketakwaan mereka menjadi bekal yang kuat untuk dapat melaksanakan titah-Nya. Prosesi peribadatan itu kini terekam dalam Hari Raya Idul Adha atau sering disebut Hari Raya Besar. Seluruh umat Islam serentak melaksanakannya. Badan Pusat Statistik (BPS) tahun ini melaksanakan penyembelihan hewan qurban pada Jumat, 27 November 2009. Hari Idul Adha merupakan momentum yang menohok para kikir dan pemilik ego. Pada hari ini seakan seluruh umat Islam berlomba-lomba untuk mengorbankan ego mereka, dengan mengorbankan sebagian rejeki dalam bentuk hewan qurban. Demikian pula yang terjadi di BPS Pusat, jumlah hewan qurban tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Setelah sebelumnya berkeliling dari bagian satu ke bagian yang lain, dari subdirektorat ke subdirektorat lain, akhirnya panitia qurban tahun ini berhasil mengumpulkan 15 ekor sapi dan 1 ekor kambing. 

Setelah ibadah salat Idul Adha bersama di Masjid Al Arqam, BPS, penyembelihan qurban dimulai dengan simbolis penyerahan hewan qurban dari Kepala BPS, Rusman Heriawan, pada Ketua Panitia, Adi Lumaksono. Tahun 2009 merupakan tahun ketiga bagi BPS Pusat menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban pada hari tasyrik pertama. 

Di bawah komando Adi Lumaksono, panitia bergerak sigap mengatur penyembelihan dan pembagian hewan qurban. Dari 15 ekor sapi, BPS Pusat menyembelih 12 ekor sapi dan 1 ekor kambing, sementara 2 ekor sapi disembelih di STIS dan 1 ekor sapi di Pusdiklat Lenteng Agung. Momentum qurban dimanfaatkan, tidak hanya para pequrban, tapi juga seluruh panitia qurban untuk mengorbankan ego mereka, meluangkan waktu dan pikiran sejenak untuk saling berbagi dengan para duafa. Pembagian hewan qurban akhirnya dapat diselesaikan sekitar pukul 15.00 WIB. (Sumber : Varia Statistik Desember 2009-Humas BPS)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik