Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Kehormatan Indonesia : Rusman Heriawan Dipilih Sebagai Ketua Komite Statistik Asia-Pasifik

Kehormatan Indonesia : Rusman Heriawan Dipilih Sebagai Ketua Komite Statistik Asia-Pasifik

22 April 2009 | Kegiatan Statistik Lainnya


Dalam Sidang Economic and Social Commision for Asia and the Pasific (ESCAP) pada 4-6 Februari 2009 di Thailand, salah satu agendanya adalah menetapkan suatu Biro untuk membantu Komite Statistik Asia-Pasifik. Sidang tersebut kemudian memilih ketua komite sekaligus sebagai Ketua Biro Statistik ESCAP, yaitu Rusman Heriawan dari Indonesia. 

Rusman dipilih oleh 62 kepala kantor statistik negara-negara Asia dan Pasifik, termasuk Rusia, Australia, dan Turki, untuk masa kepengurusan selama 2 tahun. Terpilihnya Rusman merupakan kepercayaan sekaligus pengakuan akan kredibilitas BPS Indonesia. Rusman akan memimpin komite yang pengurusnya berasal dari negara-negara besar seperti China, Kazakhstan, Australia, dan India. 

Susunan pengurus dimaksud yaitu : 
Ketua (Chairperson) : Mr. Rusman Heriawan (Indonesia) 
Wakil Ketua (Vice-Chairperson) : Mr. Jiantang Ma (China), Mr. Birlik Mendybayev (Kazakhstan), Mr. Brian Pink (Australia), 
Perumus (Rapporteur) : Mr. Pronab Sen (India) 

Tugas komite ini tentu saja sangat berat. Selama periode kepengurusan, beberapa tugas yang direkomendasikan antara lain melakukan review kemajuan-kemajuan pembangunan statistik di wilayah Asia-Pasifik dan membantu 7 (tujuh) komite ESCAP lainnya yang terkait dengan persoalan statistik. Diharapkan komite ini dapat mendorong mengimplementasikan kerangka pikir, standar, dan klasifikasi statistik yang memang telah menjadi standar inetrnasional di seluruh negara-negara Asia-Pasifik. 

Sebagai Ketua Komite Statistik Asia-Pasifik sudah pasti tidak hanya berupa kehormatan, tapi juga ada beban bagi BPS. Selain mendorong komite ini agar dapat bekerja optimal, kinerja BPS juga akan senantiasa menjadi sorotan dari negara-negara Asia-Pasifik. Sebuah kehormatan besar tetapi sekaligus tantangan besar. (sumber : Varia Statistik)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik