Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

SCPC27: Perencanaan Pembangunan Statistik Kawasan ASEAN

SCPC27: Perencanaan Pembangunan Statistik Kawasan ASEAN

28 Februari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


BPS menghadiri Pertemuan ke-27 ASEAN Community Statistical System (ACSS) Sub Committee on Planning and Coordination (SCPC) yang digelar pada 28-29 Februari 2024 di Vang Vieng, Laos. Dalam pertemuan tersebut, delegasi Indonesia diwakili oleh Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami, Direktur Diseminasi Statistik, dan Tias Tanjung Wilis, Pranata Humas Ahli Muda pada Biro Humas dan Hukum.

Pertemuan yang dihadiri perwakilan dari sepuluh negara anggota ASEAN, Sekretariat ASEAN, dan Timor Leste ini merupakan platform penting untuk menyatukan negara anggota ASEAN dalam meningkatkan kerja sama statistik di seluruh kawasan. Dalam pembukaan even ini, Phetsamone Sone, Deputi Kepala Biro Statistik Laos sekaligus Ketua dari ACSS SCPC menekankan peran penting kerja sama statistik dalam mengatasi berbagai tantangan pembangunan secara efektif. “Dengan meningkatkan kolaborasi antar negara anggota ASEAN dalam pengumpulan, analisis, dan diseminasi data, kita mendukung para pembuat kebijakan dengan insights yang diperlukan untuk merumuskan strategi berbasis bukti untuk pembangunan berkelanjutan.”, tuturnya. Tak lupa, Phetsamone juga mengapresiasi Badan Pusat Statistik atas dedikasi dan kepemimpinan dalam upaya memajukan pembangunan statistik di kawasan ASEAN pada masa kepemimpinan Indonesia di tahun 2023.

Berbagai agenda dibahas dalam pertemuan ini, antara lain lini masa dan target penyelesaian prioritas tahunan ACSS 2024, rencana ACSS pasca-2025, implementasi Pilot Project Application Programming Interface (API) untuk pengumpulan data negara anggota ASEAN, dan berbagai kegiatan ACSS lainnya. Semua agenda tersebut sangat penting mengingat saat ini ASEAN sudah mendekati masa berakhirnya ASEAN Community Vision 2025 dan tengah bersiap menyambut menyambut Vision of 2045. Untuk itu, seluruh kantor statistik di kawasan ASEAN harus meningkatkan koordinasi dan kerja sama secara lebih luas, kuat, dan intensif. 

Dokumentasi oleh Lao Bureau of Statistics

#CintaData
#KegiatanBPS 
#ASEAN
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik