Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Launching Pojok Statistik Virtual

Launching Pojok Statistik Virtual

28 September 2021 | Kegiatan Statistik


BPS meluncurkan Pojok Statistik Virtual dalam webinar bertema “Peningkatan Literasi Statistik melalui Pojok Statistik untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, Selasa (28/9).

Dalam sambutan saat peluncuran, Kepala BPS, Margo Yuwono mengatakan BPS berupaya memberikan pelayanan publik berkualitas yang dalam penyelenggaraannya selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perubahan di segala bidang. Sejak tahun 2011, Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS yang hadir di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota terus berinovasi. Kehadiran Pojok Statistik Virtual merupakan inovasi terbaru PST BPS yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi.

BPS telah mengawali pembentukan Pojok Statistik yang berbasis offline atau tatap muka di beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Hasanudin (2019), Universitas Sumatera Utara (2020), dan Universitas Negeri Padang (2021). Pojok Statistik merupakan media layanan statistik yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan mahasiswa dan akademisi, sekaligus mendukung kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Pojok Statistik offline kemudian dikembangkan menjadi online atau virtual, seiring beralihnya metode pembelajaran sejak pandemi Covid-19. Pojok Statistik Virtual menampilkan konten yang dikemas secara menarik serta memadukan layanan dan akses belajar statistik tanpa batas wilayah. Konten dan layanan yang disajikan merupakan hasil sinergi antara BPS dengan perguruan tinggi.

Selain Launching Pojok Statistik Virtual, webinar menghadirkan diskusi bersama para pakar di bidang pelayanan publik dan pendidikan, yaitu Nizam (Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek) sebagai keynote speaker serta beberapa narasumber, seperti Imam Machdi (Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS), Yudhie Andriyana (Ketua FORSTAT), dan Muhammad Imanuddin (Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Politik dan Hukum).

#PojokStatistikVirtual
#HSN2021
#CintaData
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik