Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Pencanangan SP2020 di Kabupaten Serang

Pencanangan SP2020 di Kabupaten Serang

31 Januari 2020 | Kegiatan Statistik


Kamis (23/1/2020) pada pagi hari nan cerah di area kantor Bupati Kabupaten Serang, Kota Serang, Banten terlihat kesibukan yang tidak biasanya. Beberapa mobil pelat merah milik pejabat pemda, camat dan BPS terlihat disana-sini. Bertempat di lapangan tenis indoor di lokasi kantor tersebut, saat itu sedang berlangsung kegiatan Launching Sensus Penduduk (SP2020). Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Serang ini bisa jadi akan tercacat dalam sejarah SP2020 sebagai pelaksanakan launching SP2020 yang pertama kalinya di Indonesia.

Momen ini juga sangat penting untuk sekaligus menyosialisasikan SP2020, karena dihadiri oleh lebih kurang 500 undangan, yang terdiri dari Forum Komunkasi Pimpinan Derah (Pengadilan Tinggi, Kapolres, Dandim, Kejaksaan Tinggi), Perwakilan Grup koppasus, Wakil Ketua DPRD, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Staf Ahli Bupati, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Serang, serta Kepala BPS Provisini Banten beserta jajaran, dan seluruh Kepala BPS kabupaten kota di Provinsi Banten.

Dihadapan peserta, Sekretaris Utama BPS, Adi Lumaksono menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Serang sebagai tempat pertama kali launcing SP2020 ini adalah karena beberapa hal, diantaranya, Kabupaten Serang dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati nya adalah kabupaten yang memanfaatkan data BPS sebagai dasar pengambilan kebijakan disemua sektor. “Itu bukan berarti Ibu Bupati minta kepada BPS, tolong angka ini diturunkan atau dinaikan, tidak pernah sama sekali. Karena kami memotret dan independensi BPS ini betul-betul dijaga oleh jajaran di Pemerintah Kabupaten Serang ini”, ujar Adi.

Terkait dengan hastag Mencatat Indonesia, lebih lanjut Adi menjelaskan dengan keluarnya Perpres No 39/2019 terkait dengan Satu Data Indonesia, maka dalam SP ini juga akan mengarah kepada Satu Data Kependudukan.

Sebelumnya, dalam sambutannya Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengucapkan terima kasih dan apresisai yang sangat tinggi dengan dipilihya kabupaten nya sebagai tempat dilaksanakannya launching perdana SP2020 ini. “Alhamdulillah Kabupaten Serang ditunjuk menjadi penyelenggara launching SP tahun 2020 yang pertama se-Indonesia. Terima kasih atas kepercayaan Bapak kepada kami, ini adalah penghargaan kepada kami yang luar biasa”, ucapnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa SP untuk Satu Data Indonesia ini adalah yang amat ditunggu-tunggu. Menurutnya dengan perbedaan data yang terjadi selama ini agak membingungkan jajaran di pemerintahannya dalam membuat program. Karena menurutnya pula, jika datanya salah sudah tentu program yang dibuat juga menjadi tidak tepat bahkan salah sasaran.

“Dengan launching ini saya meminta kepada pak camat di 29 kecamatan, dan seluruh kades di 326 desa untuk bersama-sama mendukung SP ini, karena kegiatan ini sangat penting yang harus kita dukung. Jadi Pak Adi insyaallah di Kabupaten Serang kita siap dari mulai tingkat kabupaten sampai tingkat desa menyukseskan Satu Data Indonesia ini, karena ini untuk kebutuhan kita semua” tegas Tatu lebih lanjut.

Di akhir sambutannya Bupati yang ramah dan energik ini sekali lagi menegaskan dukungannya terhadap program-program yang akan dilaksanakan BPS. “Tidak usah khawatir di Kabupaten Serang kita siap semua”, janji nya.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik