Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Warga Jakbar Siap Sukseskan SP2020

Warga Jakbar Siap Sukseskan SP2020

10 Desember 2019 | Kegiatan Statistik


Jakarta Barat - Waktu belum menunjukkan pukul 06.30 WIB, namun barisan massa dari berbagai lapisan telah berjajar rapi mengikuti alunan irama senam SKJ dan aerobik. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari acara Sosialisasi Sensus Penduduk Online Tahun 2020 (SPO2020) yang diselenggarakan oleh BPS Kota Jakarta Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat dan Bank DKI, Minggu (08/12) di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Hadir Kepala BPS Provinsi DKI Jakarta, Buyung Airlangga, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat (Sudin LH Jakbar), Edy Mulyanto mewakili Walikota Jakarta Barat, Kepala BPS Kota Jakarta Barat selaku tuan rumah, Munawaroh, Kepala BPS Kota Jakarta Timur, Banua Rambe, dan Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Seribu, Pudji Pangastuti. Tak mau ketinggalan para mitra BPS Kota Jakarta Barat, dan juga ibu-ibu PKK dari beberapa kelurahan di Jakarta Barat turut memeriahkan acara tersebut.

Acara diisi dengan sosialisasi SP2020 dari Buyung Airlangga yang dilanjutkan Edy Mulyanto. Senam SP2020, serta kuis dan hadiah-hadiah yang menarik serta dipandu MC Yulian Deehan dari King Management yang membawakan acara secara apik, masyarakat pun dilibatkan dalam bentuk game berhadiah dan sumbang lagu. Suasana panggung terasa lebih meriah dengan kehadiran artis Oza Kioza (anggota grup musik duo serigala), yang menghentak panggung dengan lagu yang sedang favorit saat ini “Entah Apa Yang Merasukimu” diiringi goyang tiktok oleh massa yg hadir.

Dalam kesempatan itu, Buyung mengajak seluruh warga DKI, khususnya Jakarta Barat untuk berpartisipasi aktif menyukseskan gelaran 10 tahunan tersebut.

“Sensus Penduduk 2020!” pekik Edy di awal sambutannnya, yang dijawab "Mencatat Indonesia" secara serempak dan semangat oleh pengunjung yang hadir. Itu pertanda bahwa Jakarta Barat memang siap menyukseskan Sensus Penduduk 2020,” ujarnya. Lebih lanjut Edy mengharapkan bahwa semua warga terdaftar, karena sensus ini sangat berguna termasuk untuk kepentingan lingkungan hidup. Dengan mengetahui jumlah penduduk yang pasti, akan diketahui berapa sampah yang dihasilkan di Jakarta Barat.

Erita, salah seorang Mitra, menyampaikan tekadnya untuk membantu menyosialisasikan SP2020 ini ke lingkungan tempat tinggalnya. “Saya mau sosialisasikan kepada warga saya terutama Kelurahan Keagungan, dengan datang ke rumah-rumah warga, tapi izin dulu ke RT RW," jelasnya. Ketika ditanya apakah optimis bahwa warga akan melakukan pendataan, Erita menyatakan optimis sekali. “Kalo dia yang ga mau, saya yang mauin.Tapi Insya Allah semua pada mau, warga juga pasti akan menerima,” ujarnya semangat.

Dila, seorang warga yg hadir yang juga anggota PKK mengatakan bahwa dia baru tahu adanya sensus ini dari adanya sosialisasi pada hari ini. Dia dengan antusias mengatakan bahwa dirinya dan juga temannya mau berpartisipasi dalam sensus online ini. “Kalo online nggak susahlah, tinggal ngikutin aja prosedurnya, download di aplikasi, tapi BPS sosialisasi ke warga dulu,” pesannya.

Secara terpisah, Munawaroh mengharapkan dengan adanya acara sosialisasi ini, masyarakat aware bahwa Februari 2020 nanti akan ada Sensus Penduduk. “Saya berharap SPO ini berhasil, karena SPO cocok sekali diterapkan di Jakbar ini, karena banyak kawasan elit dan apartemen. Mereka juga bisa kapan saja melakukan sensus, saya ingin target online ini 30 persen”, harapnya. Selanjutnya Munawaroh juga akan melakukan sosialisasi ke apartemen, dan juga sensus goes to school ke beberapa SMA di Jakarta Barat.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik