Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

BPS-UNSIAP Selenggarakan Kursus Metodologi Sampling

BPS-UNSIAP Selenggarakan Kursus Metodologi Sampling

11 Oktober 2016 | Kegiatan Statistik Lainnya


Untuk kali ke-3 Pusdiklat BPS melaksanakan “Training Course on Sampling Methods for Producing Core Data Items for Agricultural and Rural Statistics” pada tanggal 10-21 Oktober 2016, di Pusdiklat BPS Lenteng Agung. Kepala BPS Suhariyanto membuka secara resmi kegiatan yang disponsori oleh United Nations Statistical Institute for Asia and the Pacific (UNSIAP) dan BPS ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas data statistik pertanian. Pesertanya terdiri dari 12 negara yaitu Afganistan, Bhutan, Cambodia, Georgia, Lao PDR, Maldives, Myanmar, Philippines, Samoa, Sri Lanka, Vietnam, dan Indonesia. Materi kursus antara lain; bagaimana membuat design sampling untuk melaksanakan beragam survei sektor pertanian. Harapannya peserta dapat berinteraksi langsung dan sharing informasi terkait pengalaman melaksanakan survei. Pada akhirnya diharapkan pemahaman peserta  terhadap data meningkat, dan terjadi peningkatan kualitas data di masing masing negaranya.


Kursus ini merupakan salah satu kontribusi Pusdiklat BPS dalam upaya menyiapkan kader-kader SDM BPS untuk mendukung program prioritas pertama Kepala BPS yaitu meningkatkan kualitas data. Dalam sambutannya, Razali Ritonga selaku Kepala Pusdiklat melaporkan bahwa tenaga pengajarnya berasal dari UN sebanyak 3 orang dan 1 orang dari BPS.


Salah satu peserta dari Kementerian Pertanian, Diah Rini Arsih, yang telah 3 kali mengikuti pelatihan ini merasakan manfaat yang sangat besar terutama untuk menyegarkan kembali teknik pengambilan sampel. Refreshing Training ini sangat penting untuk mengukur apakah survei yang dilakukan selama ini telah sesuai dengan metodologi statistik yang berlaku. Apakah penarikan samplenya sudah memenuhi kaidah-kaidah statistik yang baku atau belum. Peserta dari Vietnam mengatakan bahwa, produksi pertanian di negaranya sudah sangat baik. Produksi yang baik tentu harus didukung oleh perencanaan dan data statistik yang baik juga. Perlu dipastikan metodologi yang dipakai dilapangan sudah sesuai dengan kaidah statistik yang benar, terutama metoda samplingnya.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik