BADAN PUSAT STATISTIK

 

Publikasi Statistik

Data Strategis 2013  
Buku ini berisi data strategis yang dihasilkan Badan Pusat Statistik (BPS), disertai penjelasan praktis. Kriteria strategis pada data yang dimaksud paling tidak mencakup pengertian bahwa: (1) data dimaksud selalu di-update dan terjamin kekiniannya; (2) banyak digunakan untuk berbagai kajian; (3) dapat menggambarkan fenomena dan bahkan mempengaruhi kondisi sosial-ekonomi nasional; (4) diseminasinya dinantikan oleh berbagai pihak.

Spektrum pengguna data strategis sangat lebar, mulai dari pemerintah, akademisi, pebisnis, kalangan internasional, hingga masyarakat umum. Lebarnya spektrum pengguna sejalan dengan sifat alamiah data yang memiliki dimensi yang sangat luas. Data dasar mulai dari jumlah penduduk, konsumsi per kapita, nilai tambah sektoral, dan berujung pada, misalnya Produk Domestik Bruto (PDB). Data harga dan perubahannya berujung pada angka inflasi. Data perekonomian internasional mencakup ekspor-impor dan data kepariwisataan. Data produksi primer di antaranya padi, jagung, dan hortikultura. Data Industri manufaktur yang berisi angka pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang. Kondisi ketenagakerjaan seperti angkatan kerja, pengangguran, status berusaha, dan lapangan usaha utama disajikan dalam data ketenagakerjaan. Sesuai pengalaman empiris BPS, data strategis seperti kriteria yang telah disebutkan mencakup: inflasi, pertumbuhan ekonomi, ekspor-impor, ketenagakerjaan, produksi tanaman pangan, pertumbuhan produksi industri manufaktur dan statistik kemiskinan.

Data strategis inilah yang akan disajikan dalam buku ini. Agar buku ini bisa memenuhi harapan pengguna, pada setiap data yang disajikan diberi penjelasan praktis. Bagi yang ingin membaca penjelasan lebih rinci, dapat memperolehnya pada bagian penjelasan teknis statistik. Bagian ini memberikan informasi yang lengkap tetapi ringkas kepada pembaca tentang konsep definisi, metodologi, pengumpulan data, referensi, dan diseminasi data.

Karena penjelasan yang diberikan bersifat praktis, maka buku ini merupakan media sosialisasi produk statistik BPS bagi para pengambil kebijakan di kalangan pemerintah, legislator, akademisi, peneliti, dan mahasiswa sebagai wujud untuk menjamin hak masyarakat memperoleh informasi publik. Dengan semakin terpenuhinya kebutuhan masyarakat pengguna data, mereka selanjutnya diharapkan dengan penuh kesadaran, memberikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan perstatistikan BPS.

Setelah Bab Pendahuluan, pembaca dapat mencermati data terkini tentang Inflasi. Data ini memberikan informasi tentang dinamika perkembangan harga barang dan jasa yang dikonsumsi masyarakat. Oleh karena itu pemerintah, pelaku bisnis, kalangan perbankan, anggota parlemen, bahkan masyarakat umum berkepentingan terhadap data tersebut.

Pada Bab III pembaca dapat memanfaatkan data PDB yang menggambarkan kinerja ekonomi dari sisi besarannya, dan derivasi data ini dapat digunakan untuk melihat pertumbuhan ekonomi, struktur ekonomi sektoral, tingkat peningkatan harga barang/ jasa secara keseluruhan, dan masih ada kemungkinan lain tentang kegunaannya.

Selanjutnya dalam Bab IV disajikan data statistik ekspor-impor untuk memberikan informasi mengenai kinerja perdagangan internasional, baik dari sisi volume maupun nilai. Pada bab ini juga disajikan rincian komoditi, negara asal dan tujuan, serta pelabuhannya.

Bab V menyediakan data ketenagakerjaan yang mencakup angkatan kerja, penganggur, lapangan usaha, dan distribusi per provinsi di Indonesia. Beberapa indikator juga disajikan, seperti Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT). Dengan memperhatikan jadwal survei tenaga kerja di Indonesia, maka data yang disajikan mencakup kondisi terakhir hingga Februari 2013.

Dalam Bab VI, pembaca dapat mencermati penyajian angka ramalan produksi tanaman pangan. Selain memperlihatkan pola panen, data yang disajikan juga mencakup luasan panen, produksi, dan produktivitas tanaman pangan mulai dari tahun 2011 hingga tahun 2013. Data ini dapat digunakan untuk bahan perencanaan dan kebijakan yang terkait dengan ketahanan pangan nasional.
Lihat Isi

Bagikan ke  

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia
Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia, Telp (021) 3841195, 3842508, 3810291, Faks (021) 3857046,


Best viewed in Mozila Firefox 4.0 or above and Google Chrome 8.0 or above, resolution 1024x768 or above
Copyright © 2012 Badan Pusat Statistik Republik Indonesia
All Rights Reserved

 
statcap